Muhammad Irawan Saputra

Home » Uncategorized » Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Industri Media

Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Industri Media

Penjelasan apa saja faktor yang mempengaruhi manajemen media sangat lengkap dijelaskan oleh Brian McNair dalam bagannya tentang ekonomi politik media berikut ini:

Image

Bila dijelaskan secara terperinci media dibatasi dengan lingkungannya yang

berupa budaya, regulasi, dan teknologi atau peralatan. Dari dalam media dipengaruhi. oleh pemodal yang memberikan arahan dan investasi dananya untuk operasional media yang juga imbal baliknya mengharapkan keuntungan dari iklan dan keuntugan lain yang masuk di media yang kesemuanya itu lewat mekanisme dari lembaga induk dari media tersebut. Lembaga induk dari media mempunyai kebijakan yang membentuk setiap gerak media, sebagai timbal baliknya lembaga induk mendapatkan pengaruh dari lembaga media tersebut.

Dalam sebuah lembaga media tersebut terjadi alur pengaruh dari dua divisi yaitu pemberitaan dan pemasaran. Interaksi diantara keduanya membentuk sebuah budaya organisasi yang menjadi pegangan setiap pekerja media dan menentuka pula pola kerjanya, seperti pencarian berita, editing, dan penyajian.

Lembaga media dalam hubungannya dengan pengiklan mempunyai simbiosis yaitu lembaga media memberikan perhatian dari penonton untuk produknya dan media menarik biaya sebagai kompensasi jasanya. Hubungan lembaga media dan sumber berita terjadi dengan diberikannya informasi untuk media dan sumber berita diberi perhatian penonton media sebagai imbalannya.

Sedangkan hubungan media dengan konsumennya adalah konsumen memberikan apresiasi dan uangnya secara langsung atau tidak langsung (melalui pengiklan) ke media dengan imbal balik dari media yaitu disajikannya berita.

Berita yang disajikan media membentuk pola pikir konsumennya sehingga konsumen media ini yang menjadi bagian dari masyarakat umum menggunakan pola pikirnya untuk berpengaruh di lingkungannya (masyarakat umum). Imbal balik uang langsung yang diterima dari konsumen dalam hal media televisi kurang umum terjadi di Indonesia, kecuali penggunaan televisi berlangganan itupun persentasenya kecil sekali. Imbal balik uang yang umum dari penonton ke media lebih banyak terjadi secara tidak langsung, yaitu melalui konsumen membeli produk pengiklan dan pengiklan memberikan kompensasi jasa untuk media atas publikasi produknya.

Referensi

Ecep S. Yasa, “Kepemilikan Media Televisi Pengaruhi independensi Pemberitaan”, http://www.kabar.in

Eoin Devereux, Understanding The Media (London: Sage Publication, 2005)

McNain, Brian.2000.Journalism&Democracy. London: Routledge.

http://nasional.kompas.com

http://www.fathurin-zen.com/?p=93

http://www.hukumonline.com

 

http://www.fathurin-zen.com/?p=93


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: