Muhammad Irawan Saputra

Home » Uncategorized » Aplikasi Psikoanalisis

Aplikasi Psikoanalisis

Psikoanalisis adalah teori yang sangat terkenal dalam ilmu psikologi. Tokoh dari teori ini adalah Sigmund Freud. Freud meyakini alam bawah sadar adalah pendikte semua tindakan yaang kita lakukan.
Freud menekuni profesi sebagai terapis kejiwaan. Ia selalu menyimpulkan kegiatan terapinya tersebut untuk mengembangan teorinya.
Terapi kejiwaan Freud menggunakan berbagai metode sebagai berikut. Freud menggunakan teknik sugestif di awal-awal karir terapisnya. Ia menekan dahi pasien dengan tangannya kemudian perlahan ia melepasnya. Ia mengatakan ‘anda akan berpikir di bawah tekanan tangan saya ini. Ketika saaya mulai melonggarkan tekanan tangan saya, anda akan melihat sesuatu di depan anda atau ada sesuatu yang muncul dalam kepala anda. Tangkap erat-erat hal itu. Itulah yang kita cari selama ini. Jadi sudahkaah sekarang anda melihat sesuatu itu atau melihat apa yang muncul dalam diri anda?’
Teknik ini menurut Freud sering menghasilkan pengakuan terhadap godaan pada masa kanak-kanak (child seduction). Namun Freud akhirnya tidak meyakini tekniknya ini karena menurutnya teknik ini mampu menghilangkan memori-memori pasien yang benar dan mengubahnya menjadi fantasi tentang godaan seksual sehingga ia tidak yakin apakah memori memori ini nyata atau tidak.
Akhirnya freud mencoba teknik baru yaitu ia atau terapis bertindak lebih pasif. Pasien diminta bercerita bebas (free associations). Relevan tidaknya cerita dan masalah tidak menjadi soal, pasien diminta menceritakan apapun yang ia inginkan. Teknik inipun akhirnya tidak memuaskan Sigmund Freud. Ia akhirnya menemukan teknik yang menurutnya paling baik menggambarkan alam bawah sadar yaitu analisis mimpi(dream analysis).
Analisis mimpi mengacu pada satu pemahaman bahwa mimpi adalah sebuah pemenuhan harapan (wish fulfillments). Acuan ini hanya berlaku untuk orang normal dan tidak berlaku untuk orang dengan gangguan trauma. Pada orang dengan gangguan trauma, hal-hal traumatis itulah yang muncul di mimpi.-
Untuk mengartikan mimpi Freud memilah unsur mimpi menjadi dua hal. Pertama adalah unsur yang termanifestasi dan latent. Unsur termanifestasi adalah maknaa permukaan atau deskripsi sadar yang diberikan pemimpi. Unsur latent sebuah mimpi adalah materi mimpi yang tidak disadari.
Mimpi dari pemenuhan harapan bisa muncul dalam dua cara, yati kondensasi dan pengalihan (displacement). Mimpi kondensasi akan meringkas harapan seseorang yang begitu banyak dan luas dengan beberapa kejadian saja di dalam mimpi. Misalkan seorang yang berharap akan memiliki peternakan kuda dan setiap sore ia menginginkan berkeliling peternakan dengan kuda istimewany hanya bermimpi membeli pelana kuda. Sedangkan mimpi pengalihan yaitu harapan seseorang diwujudkan lewat mimpi dengan pengalihan objek. Misalnya seorang yang mengharapkan mempunyai peternakan kuda tersebut bermimpi mempuyai rambut panjang lurus seperti kuda.
Mimpi menurut Freud juga mampu menipu pemimpinya dengan membolak balik perasaan antara di mipi dan kenyataan bawah sadar. Menurutnya seseorang yang membenci temannya dalam mimpi bisa saja dalam alam bawah sadarnya ia sangat mencintai teman tersebut.
Dalam mengartikan mimpi pasiennya, Freud meminta pasiennya mengasosiasikan sendiri mimpi-mimpinya itu dengan tidak memperdulikan relevansinya. Bila pasiennya tidak mampu mengasosiasikan mimpinya, Freud akan menyimbolkan sendiri mimpi-mimpi dari pasiennya

Freudian slips
Freud dalam mengeksplor alam bawah sadar juga melihat aktivitas sehari-hari seseorang. Menurutnya kekeliruan-kekeliruan dalam kegiatan sehari -hari mencerminkan keadaan alam bawah sadar seseorang. Misalnya seseorang yang kelupaan membayar makanannya di tempat makan adalah cermin bawah sadarnyaa yang menolak membayar makanan tersebut.  
  


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: