Muhammad Irawan Saputra

Home » Uncategorized » Manajemen Komunikasi Politik

Manajemen Komunikasi Politik

Manajemen Komunikasi Politik adalah istilah yang terdiri dari gabungan istilah manajemen, komunikasi, dan politik yang ketiganya merupakan kajian keilmuan yang berbeda. Berikut ini penjelasan masing-masing istilahnya:

Manajemen adalah sebuah kontrol dan pembuatan keputusan dalam sebuah bisnis atau kegiatan lain. Bisa juga dikatakan orang yang mengontrol bisnis, organisasi atau sejenisnya, “the people who control business orgnization or similar”. Mary Parker Follet mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Sedangkan Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien.

Komunikasi adalah kajian keilmuan yang membahas masalah pelaku, pesan, saluran, dan efek dari interaksi. Harold Laswell mendasari penjelasan ini dengan mendefinisikan komunikasi sebagai jawaban atas pertanyaan–pertanyaan sebagai berikut : “who says what in which channel to whom with what effect”.

Politik adalah kajian keilmuan yang membahas masalah pelaku, sumber daya, kapan dan bagaimana mendapatkan kekuasaan. Definisi politik merupakan jawaban dari pertanyaan “who, gets what, when, how”.  Rod Hague mengemukakan bahwa Politik adalah kegiatan yang menyangkut cara bagaimana kelompok-kelompok mencapai keputusan-keputusan yang bersifat kolektif dan mengikat melalui usaha untuk mendamaikan perbedaan-perbedaan diantara anggota-anggotanya

            Komunikasi politik merujuk pada pertukaran simbol atau pesan yang sangat dipengaruhi oleh atau merupakan hasil konsekuensi dari sistem politik. Definisi ini didasari penjelasan dari Meadow (1960) yang mmengatakan “Political communication refers to any exchange of symbols or messages that to a significant extent have been shaped by or have consequences for the political system”.

            Manajemen Komunikasi Politik bisa diartikan sebagai usaha mengatur pesan atau simbol untuk mencapai tujuan berupa didapatkannya berbagai sumber daya. Sumber daya dalam hal ini bisa berupa sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya simbol dan makna, dan sebagainya.

Dimensi-dimensi komunikasi dalam dunia politik mencakup “who”, “manage what”, “when”, dan “how”. “who” dalam konteks komunikasi merupakan komunikator, Ia adalah pengendali pesan dan pengharap efek yang ia rumuskan pada awal berkomunikasi. “who” dalam komunikasi politik bisa seorang politikus atau suatu partai yang berusaha membangun basis dukungan.

manage what” dalam lingkup komunikasi tidak berfokus pada sumber daya fisik, namun lebih kepada pesan, simbol, dan makna yang akan dikomunikasikan ke khalayak sasaran. Konteks politik mencontohkan dalam hal ini adalah pesan-pesan pemilu, cara pemilihan, dan program-program kampanye, ideologi, kebijakan baru, dan sebagainya.

Dimensi “When” meliputi waktu kapan yang tepat seorang komunikator dalam membangun pesan, memahami lingkungan, dan menyampaikan pesannya. Dimensi waktu sangat penting dalam komunikasi karena waktu bisa menjadi wadah berbagai makna penting. Misalnya konteks politik dalam hal waktu misal saat bencana terjadi adalah waktu yang tepat bagi artai politik menunjukkan kepeduliannya dengan menolong korban bencana.

Dimensi “how” adalah dimensi proses dan strategi dalam menyampaikan pesan dalam berkomunikasi. Dimensi cara ataupun strategi yang tepat dalam menyampaikan pesan sangat besar pengaruhnya bagi pencapaian tujuan politik.    Strategi bagaimana membentuk citra, bagaimana mengangkat citra politikus ataupun partai menjadi sangat krusial dalam politik.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: